Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Berburu

Berburu adalah singkatan dari Berbudaya Itu Seru.

Berburu adalah sebuah pelatihan singkat yang secara khusus diberikan kepada kelompok anak usia dini di Jakarta tentang pentingnya nilai-nilai budaya positif dan maju.

Ada lima tema yang diusung oleh Berburu, kelima tema tersebut adalah (1) Menaati Ketertiban, (2) Mencintai Lingkungan, (3) Menghargai Sesama, (4) Membaca Itu Menyenangkan, dan (5) Mencintai Kebudayaan Indonesia.

Setiap murid akan diajak berdiskusi, bermain, dan bernyanyi sembari mempelajari kelima tema di atas untuk menjadi individu yang lebih berbudaya.

Berburu lahir dari pemikiran tim Jakarta Butuh Revolusi Budaya (JBRB) di Washington, D.C. yang terdiri dari Tasa Nugraza Barley, Cut Reza Ramadhani, Ian Badawi, Novi Martoatmodjo, dan Muhammad Madilah.

JBRB berharap Berburu dapat menciptakan sebuah generasi muda Indonesia yang berbudaya sehingga Jakarta dapat menjadi sebuah kota yang indah, nyaman dan aman, serta maju.

Setelah dijalankan selama beberapa bulan, Berburu mendapatkan begitu banyak respon positif dari berbagai kalangan. Tim Berburu pun semakin lama semakin berkembang seiring dengan banyaknya minat untuk menjadi bagian dari fasilitator Berburu.

Program Berburu adalah program yang memperoleh penghargaan Young Changemaker Initiative 2008 dari Ashoka Foundation.

7 Responses to "Berburu"

saya rasa “berburu” merupakan terobosan yang sangat baik untuk memperbaiki kebiasaan2 buruk orang2 jakarta yang sudah membudaya. memang selayaknya hal2 baik atau kebiasaan2 baik harus ditanamkan sejak usia dini. Supaya kebiasaan baik itu dapat menjadi budaya.
Saya sangat mendukung kegiatan berburu, semoga sukses untuk tim berburu. Ayo Maju Jakarta. Ayo Maju Indonesia.

Berbudaya, jakarta memang butuh revolusi budaya. Karena perubahan yang telah terjadi selama ini. Tapi bukankah perubahan itu juga merupakan sebuah budaya?

berbudaya memang perlu,walaupun sekarang sudah era globalisasi dimanasudah menjamur dari anak kecil sekarang mungkin sudah kurang ditanamkan kepada mereka,maka dari itu saya mendukung gerakan ini .chayoo

Salut untuk Berburu Center! Saya sudah beberapa kali baca tulisan Tasa di Jakarta Post. Saya mendukung banget idenya. Kita jangan menyerah terhadap situasi yang ada.
Anak-anak di Jakarta perlu diberi masukan-masukan positif agar berbudaya, cinta sesama dan cinta lingkungan.
Sukses!

GImana kalo ngadain acara juga buat anak2 sma? Atau bisa juga melalui kerjasama dgn berbagai institusi pendidikan non formal, such as ILP, EF, atau Wallstreet yg memang sering melakukan social activities. Kayanya seru tuh, dan gw sebagai salah satu pengajar di ILP bersedia membantu. Kalau kalian gak keberatan gw akan sounding ke managing director dan principal gw.

Nice! Mungkin memang lebih efektif jika hal ini ditanamkan sejak dini kepada anak2 SD. Maaf kalo saya kurang teliti, tapi FAQ ttg “berburu” ini sendiri bisa dilihat di mana ya..? Terima kasih sebelumnya.­čśÇ

berburu …initiative dan usaha yang seru ….butuh commitment and usaha yang serius …saya akan terus mengikuti berita2 dan ulasannya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
%d bloggers like this: