Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Sumpah Pemuda memang Luar Biasa!

Posted on: November 5, 2008

Kita baru saja melewati peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-80. Bagi sebagian besar orang, peringatan ini tidak beda jauh dari peringatan nasional lainnya; di mana hanya ada satu hal yang luar biasa bagi mereka, yaitu: libur!

Tapi bagi sebagian kecil masyarakat, perayaan sumpah pemuda memiliki makna yang sangat dalam. Bagi mereka sumpah pemuda merupakan sebuah peristiwa sejarah yang benar-benar luar biasa karena memiliki dampak yang begitu besar bagi perkembangan bangsa Indonesia hingga saat ini.

Menurut saya, satu hal luar biasa tentang penyelenggaraan sumpah pemuda pada tahun 1928 adalah kecerdikan para pemuda Indonesia untuk mengusung bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Seperti yang kita tahu, bangsa Indonesia terdiri dari ribuan pulau, ratusan suku, dan pastinya berbagai macam bahasa daerah. Dengan kondisi seperti ini, pemberontakan atau perselisihan sangat mungkin terjadi. Peran sebuah bahasa pemersatu menjadi sangat krusial.

Dan di tahun-tahun awal masa kemerdekaan, saya yakin bahasa Indonesia memang menjadi alat utama dalam mempersatukan bangsa ini. Coba bayangkan apabila bangsa ini tidak pernah memiliki sebuah konsensus nasional mengenai penggunaan suatu bahasa sebagai bahasa nasional.

Presiden Sukarno dan Presiden Suharto patut berterima kasih kepada para pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang suku dan budaya yang memiliki inisiatif untuk mengadakan sumpah pemuda di tahun 1928.

Masih banyak hal luar biasa dalam penyelenggaran sumpah pemuda, namun yang pasti disepakatinya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memang benar-benar luar biasa!

Pertanyaannya sekarang, “Apakah pemuda Indonesia jaman sekarang dapat melakukan hal-hal luar biasa seperti sumpah pemuda?”

1 Response to "Sumpah Pemuda memang Luar Biasa!"

I miss your article, Di?! Akhirnya kembali juga ke dunia persilatan setelah lama istirohat:mrgreen:

Dari judulnya aja udah ketauan “Udi Banget” hahahaha.

Kata2 yang ini: “Apakah pemuda Indonesia jaman sekarang dapat melakukan hal-hal luar biasa seperti sumpah pemuda?”

Udah banyak pemuda yang melakukan hal-hal luar biasa kok, mgkn gak sehebat Sumpah Pemuda tapi yang jelas hasilnya bermanfaat, kaya Eagle Award n Black Innovation Award itu ngebuktiin anak muda Indonesia yang peduli lingkungan dan kehidupan, generasi dengan solusi.

Trus Ary Ginanjar Agustian dengan ESQnya juga merupakan karya anak muda yang dampaknya bombastis, terlepas dari rasa ketidaksukaan beberapa orang terhadap ESQ tapi sebagai orang yang bisa mengolah idenya jadi sesuatu yang luar biasa dan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan dan bermanfaat bagi banyak orang….adalah hal yang luar biasa juga.

Karya Andrea Hirata yang dampaknya juga masif dan inspiratif. Trus kalo Udi tau KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) yaitu penulis2 novel cilik yang masih SD dan SMP tapi edisi novel KKPK selalu laris dibaca ma anak2 SD (favorit keponakan2 gue soalnya), tuh kecil2 udah jadi penulis, bisa punya uang sendiri, apa gak luar biasa tuh?

Juga buat pemuda lainnya meski dia gak terkenal kaya contoh2 di atas, tapi selama dia berprestasi dan bermanfaat buat dirinya, keluarganya dan orang banyak adalah orang luar biasa juga. Meski hanya sebagai anak muda biasa yang bekerja untuk menafkahi kedua orang tuanya, itu sangat luar biasa.

Masih banyak yang laennya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
%d bloggers like this: