Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Siang Berburu

Posted on: September 15, 2008

Gelaran acara peringatan ulang tahun Jakarta Butuh Revolusi Budaya (JBRB) yang pertama, sekaligus peluncuran Program Berburu menuju 300 sekolah pada tahun 2011, telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2008. Acara yang diberi judul Siang Berbudaya Itu Seru (SiBer) ini diselenggarakan di SDN Selong 01 Pagi, mulai pukul 13.00-15.00. Atas terselenggaranya acara ini seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berkontribusi dan selalu mendukung kami. Berikut ini beberapa kenangan dari SiBer yang sempat terekam kamera.

 

Kak Lia dan Kak Festy yang menjadi MC sedang memberikan kesempatan kepada Kepala Sekolah SDN Selong 01 Pagi, Ibu V.A. Sri Subarni, untuk memberikan kata sambutan. SDN Selong 01 Pagi merupakan pilot school project untuk Program Berburu. Selama satu tahun belakangan Program Berburu secara rutin diadakan di SDN Selong 01 Pagi, setiap hari Sabtu pukul 10.00-14.00. Kepala sekolah, guru, karyawan, orang tua/wali murid, serta siswa/i SDN Selong 01 Pagi menyambut baik dilaksanakannya Program Berburu di sekolah mereka.

 


X-Banner acara SiBer yang didesain oleh Kak Adi, bergambarkan logo Berburu, Indo dan Nesia. Banner ini dilengkapi dengan penjabaran lima budaya positif yang menjadi tema dalam Berburu, yaitu (1) Mengikuti tata tertib, (2) Mencintai lingkungan, (3) Menghargai sesama, (4) Membaca itu menyenangkan, dan (5) Mencintai kebudayaan Indonesia. Indo dan Nesia merupakan ikon Berburu yang digunakan dalam berbagai cerita. Penggunaan tokoh Indo dan Nesia yang menggambarkan profil siswa dan siswi sekolah dasar di Indonesia diharapkan dapat membantu dan menarik minat siswa dan siswi untuk memahami dan menerapkan setiap tema dalam Berburu.

 


Penampilan siswa-siswi SDN Selong 01 Pagi dalam Drama Berburu. Drama ini merangkum lima tema Berburu menjadi satu cerita. Ide dasar drama diambil dari tiga cerita tema Berburu dalam Buku Panduan Berburu. Indo dan Nesia menjadi tokoh utama dalam cerita ini. Para siswa-siswi sangat bersemangat dalam pementasan drama ini. “Senang..riang..hari yang kunantikan!!”

 


Kak Novie sedang memimpin siswa-siswi SDN Selong 01 Pagi untuk melakukan Senam Berburu. Senam Berburu biasa dilakukan sebelum Berburu dimulai. “Tangan kanan ke depan, ke belakang, depan belakang, lalu goyangkan. Lakukan seperti ini dan berputarlah. Mudahkan caranya? Tangan kiri ke depan, ke belakang, depan belakang, lalu goyangkan. Lakukan seperti ini dan berputarlah. Mudahkan caranya?”

 


Untuk mengenalkan mengenai pelaksanaan Berburu, maka dilakukan simulasi Berburu. Kak Anie sedang menerangkan kepada siswa-siswi SDN Selong 01 Pagi mengenai salah satu tema Berburu, yaitu Mencintai Lingkungan. Pada prakteknya, penyampaian materi Berburu menggunakan banyak metode, antara lain presentasi, storytelling, diskusi kelompok, permainan, dan lainnya.

3 Responses to "Siang Berburu"

Salut buat tim JBRB Jakarta. Acara SiBer berlangsung sukses dan meriah. Thanks guys🙂 Salam Revolusi Budaya!

Sayang aku tak bisa datang waktu itu … heuheu .. jadi iri deyh … hupf:mrgreen:

iya aku juga gak bisa dateng, tapi waktu itu nelpon Udi sih ngasih tau gak bisa dateng. Tasa juga gak dateng ke SiBer, sama2 kita maklumi ketidakhadiran beliyau karena kita (aku dan Izmi) juga gak bisa dateng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
%d bloggers like this: