Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Berbudaya Itu Seru!

Posted on: February 28, 2008

sampah.jpgAndai saja semua orang di Jakarta tahu kalau berbudaya itu seru. Sudah pasti Jakarta akan menjadi sebuah kota yang begitu indah dan nyaman untuk ditinggali. Tidak ada lagi orang yang main serobot dan tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan. Semua orang saling menghargai, semua orang rajin membaca buku, dan mencintai budaya Indonesia. Mungkinkah?

Kenapa tidak? Coba datang ke SDN Selong 01 Kebayoran Baru setiap Sabtu pagi dan bukitkan bahwa berbudaya itu memang seru. Tidak saja seru tapi berbudaya ternyata sangat mudah dan menyenangkan. Nah, kalau para murid SD saja bisa berbudaya kenapa kita tidak bisa?

Jakarta Butuh Revolusi Budaya (JBRB) baru saja meluncurkan sebuah program baru yang dinamakan Berbudaya Itu Seru atau Berburu. Program baru yang dirumuskan oleh tim JBRB di Washington, D.C. ini merupakan sebuah training singkat bagi para murid SD yang mengajarkan betapa pentingnya nilai-nilai budaya yang positif dan maju. JBRB percaya bahwa apabila nilai-nilai budaya yang positif dan maju diajarkan sedini mungkin kepada anak maka mereka akan tumbuh menjadi manusia yang berbudaya.

Tidak seperti program pendidikan lain yang justru membuat murid tertekan, Berburu merupakan sebuah program pendidikan alternatif yang penuh tawa dan canda. Setiap murid diwajibkan untuk belajar sembari bermain. Ada lima tema yang diberikan kepada para murid, yaitu: Berbudaya tertib, mencintai lingkungan, menghargai sesama, rajin membaca, dan mencintai budaya Indonesia. Dan setiap tema diberikan melalui diskusi, simulasi, nyanyian, dan pastinya permainan. Seru bukan?

Bukan para murid saja loch yang tertawa dan bermain sepanjang mengikuti Berburu tapi para kakak pengajar pun mendapatkan kesenangan yang sama. Para pengajar yang kebanyakan adalah anggota baru JBRB tampak begitu bersemangat dalam memberikan materi kepada para murid. Mereka selalu tertawa dan bermain bersama para murid sepanjang program Berburu yang pada Sabtu tanggal 23 Februari kemarin diluncurkan untuk pertama kalinya. Sekarang saja mereka sudah tidak sabar untuk menjalankan Berburu berikutnya.

Kedepannya, JBRB berharap Berburu dapat dijalankan di banyak sekolah di Jakarta agar pesan akan pentingnya berbudaya dapat semakin disebarluaskan. JBRB membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin tergabung di dalam gerakan ini dan bersama-sama mewujudkan sebuah Revolusi Budaya bagi Jakarta dan Indonesia. Anda tertarik? Hubungi JBRB di 0856 92010666.

Salam Revolusi Budaya!

Lihat foto-foto Berburu di sini.

21 Responses to "Berbudaya Itu Seru!"

tertarik dong..yuukkk..tetap semangat!

Setuju Bung Ingki. Tetap semangaaat!

waaah….seru bgt kayaknya..apa lg liat foto2nya!
berikutnya “berburu” ada di mana + tanggal berapa?
klo weekend gw pengen dateng ke lokasi “berburu”…boleh kan liat langsung kegiatannya?

Berbudaya tertib? As in being refined and mannered?
No, nevermind. I am sure JBRB have envisioned a concept that is way much deeper than just mere another-trick-in-the-bureaucracy.😀
I’ve always admired JBRB and its Berburu concept, not many of us would dedicate themselves in doing what they all here have done for others.

Respect!

So, how about getting Berburu to high school and college students? Get them into learning (not teaching them, in a dogmatic sense.) a societal culture which intrigues them to think, create, and innovate. To speak for their own mind. I’d join if I can corrupt the minds of those young pupils, lol. Kiddin’, Tasa!

That’s just a suggestion though.
You guys are doing great anyhow! Sukses ya.

Err, typo.

I’ve always admired JBRB and its Berburu concept, not many of us would dedicate ourselves in doing what they all here have done for others.

It’s the JBRB curse again.😐

Marisa:
Well organized sentence stucture and very gramatically attentive🙂

Berburu sure is planned to go to the higher level of education (mabe Middle School is next). Not sure about college. Can imagine yourself back in the days joining Berburu?

Correction: see, the curse continues…
…grammatically…

No, that’s just me suffering from OCD (Obsessive Compulsive Disorder), ian.

Middle school!, feisty. Young pupils on raging hormones, puberty, first dates and all. It isn’t going to be an easy one, but it’s worth the shot.😀

Support your local activists!

@Ian
wakakaka IAn bisa aja😆

i think Icha just experienced eyes strain🙂

@Icha
JBRB doesn’t curse you:mrgreen:

see..?
org indo nggak se-“parah” yang kita kira kan..?
yang penting niatnya udah ada.. yuk kita ramein bareng2.. hehehe

Lura biasa, doa kami menyertai orang-orang yang berhati jernih untuk selalu berpikir positif.

Sukses selalu.
Amin.

Salam.

Mampir Ngombe: Boleh banget donk. Berburu diadakan setiap hari Sabtu di SDN Selong 01 Kebayoran Baru. Bisa hubungi Rusdi di 0856 92010666 kalau ingin berkunjung.

eshape: Terima kasih atas dukungannya Bung. Mari kita ubah Jakarta dan Indonesia menjadi lebih berbudaya.

ternyata masih banyak generasi muda yg menyemai mimpi untuk indonesia yg berbudaya dimasa datang. gw jadi pengen gabung

edy susilo:
Wah kalau kebetulan berdomisili di Jakarta bisa menghubungi ketua komunitas atau koordinator program langsung Mas.
Kami akan senang sekali menaqmbah kawan dan memperluas networking🙂

[…] dan menyedihkan tentang (melewatkan) membaca hal-hal kecil. Apa susanya sih membaca? Syukurlah, Berburu memasukkan materi akan pentingnya membaca dalam […]

yep, u guys doing great..

gw pingin gabung juga..kebetulan gw tinggal n gawe di jakarta

tehtawar: Maap lama balesnya. Kalau bergabung bisa hubungi Rusdi di 0856 92010666 atau kirim biodata Anda ke revolusibudaya@gmail.com

this is awesome =]

Salute buat kalian, mudah”an bisa nyebar ke daerah lain yah (terutama kota besar lain, karena kota besar lain juga udah ‘mengarah’ ke perilaku seperti Jakarta, untuk kasus tertentu lebih parah malah), nantinya jadi IBRB kan (Indonesia Butuh Revolusi Budaya), bravo! Two Thumbs Up, angkat topi, pokoke salute dah!!!

mau ikutan doooong, bisa ga ya ada di depok juga jadi depok butuh revolusi budaya…tq

Mau ikutan dunk..
Tapi saya bru lulus SMA..
Jd lbh peka sama msalh sosial dan budaya..
Jadi walaupun muda tapi tetap mau peduli ah..
Mau ikut kontribusi buat jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
%d bloggers like this: