Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Cepat Bilang “I Love You” kepada Orang Tua Anda

Posted on: November 26, 2007

bebek23.jpgArtikel ini sedikit berkaitan dengan membahagiakan orang tua. Sebagai manusia yang normal tentu orang tua kita ingin memiliki kebahagiaan dan indahnya perasaan dicintai. Fokus pembahasan sengaja ditujukan ke orang tua karena beberapa hal tertentu yang akan dibahas di bagian akhir artikel ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan membahagiakan orang tua? Apa pula pentingnya membahagiakan orang tua?

Kita dapat membagi cara membahagiakan orang tua menjadi dua cara:

1. Melalui Tindakan Konkrit

Membahagiakan orang tua tidak semata-mata berarti kita harus membelikan mereka hadiah atau semacamnya. Kita bisa memulai dengan hal-hal sederhana seperti berprestasi di sekolah atau universitas yang jelas akan membuat mereka merasa bangga, memberikan perhatian lebih, menunjukkan sikap hormat, mendoakan mereka, dan sebagainya.

Saya sendiri suka meluangkan waktu untuk sekedar menelepon mereka demi menanyakan kabar mereka. Saya tahu tarif telepon internasional memang mahal dan saya bukanlah orang kaya, namun saya pikir apa salahnya berbicara satu menit setiap dua atau tiga hari demi mengetahui apakah mereka sehat atau sakit.

Saya telah berkali-kali menyaksikan dengan mata saya sendiri teman saya yang marah ke orang tuanya hanya gara-gara tidak diberikan uang saku untuk jalan-jalan. Saya bahkan pernah melihat rekan yang mengancam akan membunuh orang tuanya di depan mereka sendiri. Betapa memalukan bukan?

2. Melalui Perkataan

Saya telah hidup bersama orang tua saya selama 20++ tahun, namun setelah mencoba menghitung-hitung, rasanya frase “I love you” yang saya ucapkan ke orang tua saya jumlahnya jauh lebih sedikit daripada yang saya ucapkan ke pacar saya yang “baru” bersama saya selama 5 tahun. Saya 99% yakin bahwa para pembaca sekalian juga mengalami hal yang sama.

Beberapa hambatan yang dapat terpikirkan antara lain adalah perasaan malu dan tidak terbiasa. Tentu Anda pernah memperhatikan betapa bahagianya pacar Anda ketika Anda mengatakan hal tersebut, hal yang sama tentu berlaku pada orang tua Anda. Saya sendiri baru mulai melatih diri untuk mengucapkan kata-kata tersebut pada orang tua saya sejak sekitar dua atau tiga tahun lalu, dan ya, saya masih dalam proses latihan bahkan sampai saat ini.

Konklusi:

Artikel ini ditulis karena saya menyadari betul bahwa orang tua juga manusia biasa yang butuh perasaan dicintai, terlebih lagi dari anak-anaknya sendiri. Namun sayangnya, kenyataan menunjukkan bahwa banyak sekali kaum muda yang tidak menunjukkan cintanya pada orang tua mereka, baik secara disengaja maupun tidak, baik karena malu maupun karena memang benci kepada orang tuanya. Saya jadi teringat ke lirik lagu Big Yellow Taxi yang dinyanyikan oleh Counting Crows:

“Don’t it always seem to go, that you don’t know what you’ve got till it’s gone”

Ya, terkadang manusia tidak menyadari apa yang mereka miliki sebelum “barang” itu hilang. Cepat sampaikan perasaan Anda ke orang tua Anda selagi mereka masih hidup. Beritahu mereka bahwa Anda mencintai mereka, katakan pada mereka “I love you,” dan biarkan mereka menangis haru mendengar penuturan Anda.

7 Responses to "Cepat Bilang “I Love You” kepada Orang Tua Anda"

I love you Mom and Dad.

bang badi besok kite ngeliput jajanan nyang mana lagi nih?jangan naik motor ane lagi yah…perut buncit ente buat ban motor ane pecah mulu, naik mobil ente dah pokoknya ye, klo kaga ane sosor dah tuh perut pake mangkok soto…

ma…pa…I LuV U….
sorry aku sering nakal

ma…pa… I LuV U….
sorry selama ini aku sering nakal….

Mama,Maafin Aku Yach Karena Sering Nakal.I LuV n’ I Miss U Mama
Ayah,walaupun Ayah Jauh Dari V3,Tpi V3 Sayang kok Sama Ayah.

Anda juga bisa menyatakan cinta kasih Anda kepada orang tua dengan hadiah yang ‘berarti’.

aba n ibu nana sayang kalian..
sayang nana melebihi sayang nana pada diri nana sendiri…
apapun akan nana lakukan hanya agar kalian bahagia, walaupun tidak seberapa dari apapun yang telah aba n ibu lakukan n berikan selama ini tapi utk sekarang ini hanya ini yang bisa nana lakuin.

Leave a Reply

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
