Jakarta Butuh Revolusi Budaya!

Komunitas JBRB

Posted on: July 5, 2007

VISI Jakarta Butuh Revolusi Budaya adalah menjadi sebuah komunitas sosial yang dikenal luas oleh masyarakat Jakarta sebagai sebuah komunitas yang menyebarkan pesan akan pentingnya perubahan budaya ke arah yang positif dan maju bagi Jakarta dan sekitarnya. –Kita Bisa karena Kita Mau–

Kata orang bijak: Mulai dari diri sendiri, mulai hal yang kecil, dan mulai dari sekarang.

Mulai dari diri sendiri. Pada tanggal 30 Juni 2007 yang lalu komunitas JakartaButuhRevolusiBudaya (JBRB) akhirnya terbentuk dengan ketuanya Muhamad Rusdi Indradewa. Kalau selama ini kami hanya bisa cuap-cuap dan mengkritisi banyak orang melalui blog maka komunitas JBRB merupakan perwujudan nyata dari rasa kepedulian kami terhadap Jakarta. Kami yang tergabung di dalam komunitas ini sudah muak dan bosan dengan kondisi kota Jakarta yang kami saksikan setiap harinya. Kami selalu bertanya, “Mengapa anak jalanan harus hidup dalam situasi yang begitu menyedihkan?” “Mengapa Jakarta begitu kumuh dan semrawut? atau “Mengapa kemacetan tidak pernah berkurang dan transportasi umum begitu memalukan?”

Mulai dari hal yang kecil. Kalau saja Sutiyoso atau Bang Yos menjadi salah satu anggota kami sudah pasti Komunitas JBRB akan membuat agenda kerja yang luar biasa seperti: membersihkan seluruh sungai yang kotor di Jakarta, merubuhkan rumah-rumah kumuh dan membangun lebih banyak rumah susun, membuat taman kota dimana-mana, mendirikan sistem pendidikan gratis dan berkesinambungan kepada seluruh masyarakat miskin termasuk para gelandangan, atau memanggil para ahli perkotaan dari manca negara untuk menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Sayangnya tidak ada satu pun anggota Komunitas JBRB yang memiliki jabatan penting di Pemda DKI, semuanya masih ingusan. Mulai dari hal yang kecil bagi kami berarti (1) Membuka bimbingan belajar gratis kepada murid-murid SD Negeri untuk pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika, serta (2) Melakukan sinergi dengan komunitas-komunitas sosial kemasyarakatan di Jakarta dan sekitarnya.

Mulai dari sekarang. Rencana tanpa realisasi jelas omong kosong. Demi merealisasikan Visi JBRB maka kami menjalankan program bimbingan belajar gratis bagi murid SD yang kurang mampu mulai tanggal 4 Agustus 2007 yang lalu. Program Bimbel gratis ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 13.30 sampai 17.00 di SDN Selong 01 Senopati Pagi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda berminat menjadi salah satu bagian dari Komunitas JakartaButuhRevolusiBudaya? Silahkan hubungi kami.

Foto 1: Ikbal, Aji, Rusdi, Oki, Gilang, dan Arif.
Foto 2: Muhamad Rusdi Indradewa

54 Responses to "Komunitas JBRB"

Selamat atas kelahiran Komunitas JBRB.
Semoga sukses dan banyak mendorong perkembangan kultur Jakarta ke arah yang positif.

udah komen di guebukanmonyet

Nah gitu donk… sip…

Sukses dech buat JBRB…..

Di sini kawan2 Bandung juga sedang bersiap buat pergerakan baru…..

Sukses buat komunitas barunya. Luar biasa, ternyata masih ada anak-anak muda yang peduli terhadap kota Jakarta. Semoga berjalan dengan lancar dan sukses!

Bagus banget nih idenya, didukung dech🙂

Gue mau ikutan nich. Bagus banget🙂

ini ak yang baju merah….bwt temen2 yg peduli akn revolusi sosial & budaya mari bergabung dng JBRB. Congratulation for JBRB. Hadiri launching JBRB tgl 14 July 2007 di Tulodong House Jaksel. Dijamin seru abisss….

wah jadi seru nih, kapan2 mau ikut acaranya ah…
Ntar kalo maen ke Jakarta lagi.

selamat ya…tampilan web nya juga baru…lebih bagus🙂

Bagus banget idenya, didukung dech!

mantab!!!!! Hail to REvolution!!!

Halo semuanya…thx yah atas ucapan selamat dan kunjungannya ke blog ini, Kami Komunitas Jakarta Butuh Revolusi Budaya mengharapkan dukungan kalian untuk bergabung bersama kami dalam komunitas ini, cukup hubungi Rusdi 085692010666…kami butuh anak muda yang BANGGA BERKONTRIBUSI untuk membangun Jakarta…SUkses dan selamat untuk kita semua..wass.

Wow,. niat yg mulia..
Gue dukung!!! Apalagi ni dimulai bwt anak” yg buta pendidikan..
Sukses bwt smua’na,. Amin

@ Udiot
Boss..gimana kalo mo gabung, tapi karena waktu saya tersita (banget) untuk kerjaan, takutnya ga bisa memberikan kontribusi buat komunitas ini😦

selamat buat komunitas JBRB..

Begini anak muda seharusnya…

Abe: Santai aja abe di komunitas ini ga sesibuk yang andabayangin kok, yang penting anda bisa luangin waktu di hari sabtu atau minggu udah cukup banget..pokoknya gabung yah…saya tgu kabar selanjutnya…Sukses!!!

Gw jauh nih, ada di Bandung. Tapi apa yang bisa gw lakuin buat bantu2 JBRB? Untuk mobilitas Bandung-Jakarta kayaknya susah juga.

Insya Allah ntar kalo tiap maen ke Jakarta gw akan hubungi JBRB.

Salam dari tetangga (Bandung)

-Bersama dengan Bandung membangun kekuatan Metropolis yang bersih dan indah-

Deniar: Terima kasih atas dukungannya🙂 Yah, Jakarta-Bandung gak jauh2 amat lach, kalau lagi ke Jakarta jangan lupa mampir. Komunitas JBRB pasti bisa belajar banyak dari anak2 Moty yang sudah lebih berpengalaman.

Salam sukses.

guebukanmonyet: bukan begitu…. kami hanya terlahir lebih dulu…. belum berarti moty selalu lebih maju. Sukses deh buat JBRB

hehe kang deniar bisa aja…masa sih Jakarta – Bandung Jauh? perasaan Lebak Bulus Jakarta juga deh..hehhe thx kang, sukses trus…

@Udiot > karena tempat jakarta yang paling kutahu hanya Lebak Bulus… laennya? nyerah dech

kalo ke Bandung mah ayuk…. biar aku jadi guide nya…..

*) Sekalian promosi jadi guide di Bandung he he he

selamat & sukses atas lahirnya komunitas JBRB ini..
semoga dapat merealisasikan visi yang telah di sampaikan..

Waah gue seneng bgt ada yg kaya gini…di sini gue semangat lagi kalo bicara jakarta, jadi ga hanya org org yg bisanya ngeluh, mencela tapi ga ada aksi untuk memperbaiki….

gimana cara gue join

irvan nasution
08176083000

Halo Irvan, thanks buat dukungannya. Setuju banget, mari kita sebarkan budaya tidak ngomong doank dan mulai berbuat hal-hal yang positif bagi lingkungan sekitar.

Bener mau bergabung? Itu baru anak muda Jakarta, kebetulan kita masih kekurangan tenaga untuk mengajar murid-murid SD di Bimbel gratis kita di Tulodong. Rusdi akan secepatnya menghubungi Anda.

Sukses.

Ass…
buat anak2 british ayu,dian,citra makasih ya sudah bergabung.
smga teman2 brisih yg lain bisa ikutan ya.
Thx juga buat ami…

Salam Sejahtera,

membaca blog ini memberikan kenyakinan pada diri saya bahwa di jakarta masih ada orang-orang yang baik.

Maka, dalam pandangangn saya, siapa tahu sepuluh tahun mendatang JBRB benar-benar memujudkan impian-impian besarnya: REVolusi Budaya di kota Jakarta…….

Salam

Hakam

hi guyz….kalo mau gabung di komunitas ini gimana caranya?

Udiot :
Halo semuanya…thx yah atas ucapan selamat dan kunjungannya ke blog ini, Kami Komunitas Jakarta Butuh Revolusi Budaya mengharapkan dukungan kalian untuk bergabung bersama kami dalam komunitas ini, cukup hubungi Rusdi 085692010666…kami butuh anak muda yang BANGGA BERKONTRIBUSI untuk membangun Jakarta…SUkses dan selamat untuk kita semua..wass.

ikutan donk…..gmn nih caranya? bagus jg komunitas kayak gni..

hoa.. mau ikut gmn caranya? salam nih buat iqbal yang pake baju merah…

Gampangnya klo mau ikutan dateng aja dulu ke kegiatan bimbingan belajar gratis JBRB di SDN 01 Selong Senopati deket KTS atau Blok S tempatnya, tiap sabtu dan minggu jam 10-12.30 wib, untuk info lebih lanjut bisa hubungi Rusdi 085692010666

Terima Kasih

Seems fun. Let’s paint the town red! Wa-hoooooo
😀

udi….kapan kita buka puasa bareng anak2 yang lain ????

Wah boleh tuh kapan nih kita buka puasa barengnya, biar bisa brainstorming cie..bahasanya…heheh diatur ya ni…

it was so fun be part of this team, i thought jakarta need much more like this, when the first joint them i felt that this is my comfort zone in jakarta,being like in your own family and home,can’t hardly wait to catch up with u guys

Thx Jri,well wait for your catch up, sukses for mdg’snya

salut!!

SALUUUUT…saya angkat topi buat anda-anda

duh gw telat neh dgr da komunitas ini,,gw baru liat di VOA popnotes klo g salah tgl 3 Feb..trz gw langsung berminat ikutan program ini. disitu ditulis wat ngehubungi Rusdi tapi paz gw telp+sms ternyata g aktif..gmn donk caranya ikutan komunitas ini?? di tunggu y blsannya ato hub gw di 085691353107 ato 99045211 ( wela ),,,thanks y,,

Thx ya Wel, sorry yah baru gue telfon hari ini klo ada kabar selanjutnya pasti gue kasih tau, thx atas support n doanya
sukses

kegiatannya apa aja?

pengen dong jadi guide, syarat2 nya apa aja? plz jadi guide plus juga gpp kok, kasih tau aku ya 081910361761

Mau jadi anggota, dong.

mau jadi anggota, dong. gw muak dgn semua kerusakan moral the society. tadinya gw kira gw berjuang seorang diri dan sangat kesepian. syukur deh ada komunitas kaya gini.
yoga_1_618@yahoo.co.id

saya ingin bergabung bersama komunitas ini,.
tolong konfirmasi ke alamat e-mail saya di : jabo_squad@yahoo.co.id

Untuk teman-teman yang mau bergabung bia langsung datang di sekretariat JBRB di
Meruya Sky Dinning (MSD)
Jl. H. Lebar Kav. 35/5, Kavling DKI
Meruya Utara
Telp. 085692010666

Terima Kasih

oooo…namanya Meruya Sky Dinning toh?!
Baru tau gw, kayaknya kemaren tulisannya Kedai Ikan Kuah Belimbing deh..

tapi ga penting ah namanya apa..yang penting
Jayalah selalu JBRB!!
Hidup Haji Lebar..

ditunggu kehadiran & partisipasi teman2..

Mari kita bakar Jakarta!! (right,di?!)

@Udi

Oh jadi namanya Meruya Sky Dining ya? sukses ma resto lo ya🙂

Saya harap kalian semua memperjuangkan cita2 yang selalu saya bawa.

gmana cara gabung sama kalian sih??
truz ada ketentuan yang berlaku gak?? rata-rata usia anggotamnya itu berapa sih?

thx b4

gmana caranya sy bisa gabung?????

Kok forum ini sepi???? yang jadi admin harap angkat tangan. ayo kita ramein lagi komunitas ini., tentunya sangat bermanfaat…

nadya hadir untuk meramainkan..huehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dukung Program Berburu di Sekolah Anda

Mari jalankan dan dukung Program Berburu di sekolah-sekolah di Jakarta dan jadilah bagian dari sebuah REVOLUSI BUDAYA! Kirimkan email ke revolusibudaya@gmail.com dan daftarkan sekolah anda untuk ikut dalam Program Berburu.

Contact Us

BERBURU CENTER Jalan Cucur Timur III Blok A 7 No. 6 Sektor 4 Bintaro Jaya Tel: 62 21 736 3617 Oki: 0856 8102299 Tasa:087881521091 E-mail: revolusibudaya@gmail.com

Blog Masters

Guebukanmonyet (Washington D.C.) and Udiot (Jakarta)

Contributors

Andri Gilang (Sydney), Ian Badawi (Washington D.C.), Dejong (Washington D.C.), Sherwin Tobing (Budapest), Anggie Naditha Oktanesya (Jakarta), and Izmi Nurpratika (Jakarta).

Guest Writers

Deden Rukmana (Savannah), and Harris Iskandar (Washington, D.C.)

Categories

Gudang Artikel

Our Pictures

Arif Bergaya!

Cuci Motor

Ayo maju ke depan

More Photos
%d bloggers like this: